Solusi Eror E05 Pada Printer Canon

3 min read

Kali ini saya akan berbagi pengalaman yaitu salah satunya tentang masalah pada printer khususnya canon, kita semua pasti pernah dapet suatu masalah apalagi kita pengguna printer canon yang masalah itu pastinya sangat membingungkan apalagi seandainya kita termasuk orang yang barusaja menggunakanya, banyak masalah eror pada printer dan karena banyaknya kemungkinan eror tersebut maka pihak pabrik memberi tanda yaitu suatu kode yang salah satunya akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu eror E05.

Pasti bisa kalian bayangin kan jika kalian pas lagi banyak tugas kuliah atau dokumen di kantor dan akan melakukan cetak dokumen tanpa kalian sangka bahwa printer kalian eror dan tidak dapat kamu pakai, hal ini pastinya akan membuat kita bingung dan kalut. dalam keadaan seperti ini yang biasa kita lakukan adalah mematikan power printer kemudian menghidupkannya kembali, setelah itu kita lakukan ternyata printer belum juga kembali normal, dan biasanya lagi kita akan mencabut kabel daya dan kemudian menghidupkannya lagi, namun tetap saja tidak memecahkan masalah, kemudian kita biasanya juga akan menekan tombol reset atau tombol yang berwarna hijau beberapa detik, pasti kita berfikir dengan cara ini akan menghilangkan error, tapi sayangnya error tidak juga junjung membaik, akhirnya dengan keputus asaan kita pergi bawa printer ke tempat service atau memanggil pakar IT ke kantor atau Teknisi service printer untuk bantuan memperbaikinya.

Mengapa Eror E05 Ini Bisa Terjadi ?

pada canon yang ada layar displaynya maka lampu akan berkedip juga pada layar display akan mencul E05 ataupun dilayar monitor laptop atau pc kita jika kabel USB di colokkan ke port USB, untuk printer canon yang tidak ada display nya hanya akan menampilkan error 05 tersebut pada layar monitor  dengan notifikasi The following ink cartridge cannot be recognized  hal ini bisa saja cartridge yang hitam (black) atau yang warna (color), atau bahkan kedua-duanya yang biasanya akan mengiformasikan kondisi dudukan cartridge yang tidak tepat atau pada intinya cartridge tidak terdeteksi.
Berikut adalah penyebabnya cartridge tidak terdeteksi :
1. Posisi dudukan cartridge tidak tepat
2. Chip pada Cartridge kotor
3. Pin pada rumah cartridge kotor
4. Cartridge rusak
5. Pin Rumah cartridge rusak
6. Sticker cartridge terkelupas

Seperti Apakah Cara Menanganinya?

1. Posisi dudukan cartridge tidak tepat
Perbaiki dudukan cartridge dengan tepat terutama cartridge yang telah menggunakan infus, karena bisa jadi selang saluran tinta menghalangi atau mengganjal saat kita menutup cover rumah cartridge, pastikan posisi dudukan cartridge sesuai dengan letak yang benar.
2. Chip pada cartridge kotor
Periksa chip cartridgenya dengan cara mengeluarkan cartridge dengan hati-hati selanjutnya balikkan cartridge dan gunakan cahaya atau senter yang terang untuk melihat apakah cartridge kotor, jika memang kotor segera bersihkan dengan menggunakan tissue basah atau dapat menggunakan cotton but yang telah dibasahi dengan air hangat.
3. Pin pada rumah cartridge kotor
Periksa dengan menggunakan cahaya atau senter yang terang dan lihat apakah pin rumah cartridge kotor atau terhalang sesuatu, segera bersihkan dengan menggunakan tissue basah atau cotton but yang telah dibasahi dengan air hangat.
4. Cartridge rusak
Periksalah cartridge pada lapisan chip apakah terkelupas atau tidak jika memang hal itu terjadi lebih baik diganti saja dengan cartridge yang baru maka printer anda pasti akan normal. 🙂
5. Pin Rumah cartridge rusak
Periksa dengan menggunakan cahaya atau senter yang terang, gunakan pin capit yang kecil untuk memastikan pahwa pegas atu per berfungsi, atau jika terjadi bengkok luruskan dengan hati-hati, jika kondisinya sudah tidak dapat diperbaiki ganti.
6. Sticker cartridge terkelupas
Ini hanya khusus untuk jenis printer yang tidak menggunakan infus, jika memang kondisi sticker cartridge terkelupas gunakan perekat isolasi atau lakban untuk menutupnya, kendala ini memang tidak begitu akan berdampak terjadinya error namun kadang hal ini bisa jadi penyebab error tersebut.
Baik demikianlah artikel ini saya buat semoga bermanfaat untuk anda terimakasih …
Share Button
Admin
Author: Admin

Blog Lebih Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.