Sejarah Singkat Microsoft Word

3 min read

Hello gaes, apa kabar kalian semua, semoga baik yah…. o iya apa kalian tau apa itu microsoft word, mungkin yang sudah paham dengan komputer atau laptop mungkin tau apa itu microsoft word, aplikasi ini memudahkan kita untuk membuat suatu catatan, contohnya anak SMP,SMA bahkan kuliahan, jika kalian malas buat mencatat di buku tulis anda apa yang di terangkan oleh guru atau dosen di depan kita bisa juga mencatat nya di microsoft word ini dan di simpannya dengan mudah, karena sebagian Pelajar menyukai laptop, netbook, komputer kan,,, jadi kita mengetik di word ini bisa sekalian melatih jari kita biar hafal dengan huruf2 yang ada di keyboard. microsoft ini sangat membantu kita dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah, tugas skripsi kuliah, proposal dan lain-lain….

ayok kita masuk ke dalam pembahasan yang bakalan kali ini saya bahas sedikit nya tentang pengetahuan saya untuk pengoprasian Microsfot ini.. ??

Seperti yang diketahui, kini teknologi semakin berkembang cepat. Computer adalah salah satu teknologi yang maju sangat pesat. Tidak hanya maju dalam perangkat kerasnya namun juga dalam perangkat lunaknya. Salah satu perangkat lunak yang berkembang pesat adalah Microsoft Word.

Perangkat lunak pengolah kata ini mengalami perkembangan sehingga semakin memudahkan sebagai alat bantu dalam mengerjakan dokumen, laporan serta makalah. Namun, apakah para pengguna Microsoft Word tahu sejak kapan perangkat lunak ini ada dan bagaimana perkembangannya yang sebenarnya? Nah, berikut adalah ulasan dari sejarah Microsoft Word!

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata dari Microsoft. Pertama kali, Microsoft Word diperkenalkam pada tahun 1983 lebih tepatnya 25 Oktober 1983. Awalnya Microsoft Word bernama Multi-Tool Word. Multi-Tool Word waktu pertama kali hanya dapat digunakan untuk sistem Xenix sebelum adanya Microsoft Windows.

Multi-Tool Word kemudian dikembangkan lagi seiring kemajuan teknologi agar dapat digunakan untuk platform lainnya seperti OS/2, SCO Unix, macOS, IBM, Apple Macintosh, Atari ST dan computer AT & T Unix. Baru pada 1989, perangkat lunak pengolah kata ini dapat digunakan di Microsoft Windows.

Dalam perkembangan sejarah Microsoft Word, pengguna sangat menyukai adanya Microsoft Word ini, bahkan mereka menobatkan jika Microsoft Word 5.1 adalah versi terbaik yang pernah dibuat dan dimiliki oleh Microsoft. Selain itu, fitur-fiturnya pun banyak yang menjadi kesukaan pengguna. Fitur-fitur tersebut antara lain Password, Bullet and Numbering, dan WordArt.

Fitur Password sendiri dalam Microsoft Word adalah fitur untuk mengunci dokumen agar aman dan tidak dibuka oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur ini sudah ada dalam Microsoft Word 97 ke atas. Cara membuat password untuk dokumen Microsoft Word adalah sebagai berikut:

1. Buka dokumen yang akan diberi password
2. Klik office button di pojok kiri atas, kemudian pilih Save As
3. Tempatkan file pada tempat yang diinginkan
4. Sebelum klik save, klik dulu tools disebelah kiri tombol Save.
5. Kemudian akan muncul pilihan menu, lalu pilih General Options
6. Akan muncul jendela General Options, kemudian masukkan kata sandi yang
diinginkan dan verifikasi kata sandi tersebut dan klik OK
7. Lalu klik Save
8. Terakhir, tutup file dokumen. Lalu coba lagi untuk membukanya, dokumen sudah ada password untuk membukanya.

Lalu, untuk fitur Bullet and Numbering berfungsi untuk pengguna dalam membuat paragraf. Bullet sendiri memiliki fungsi memberi tanda bullet pada paragraf yang dipilih. Bullet memiliki beberapa model yaitu bulat, centang, kotak, dan beberapa lainnya. Sedangkan, untuk numbering memiliki fungsi yang hampir sama dengan bullet, namun numbering menggunakan angka untuk penandaan paragraph yang dipilih.

Kemudian untuk fitur WordArt berfungsi untuk pengguna yang suka mengubah isi dokumen, untuk membuat tulisan di dokumen menjadi lebih artistik atau berseni, maksudnya menciptakan efek khusus pada teks dokumen agar tampilannya lebih menarik. Cara untuk membuat WordArt dalam Microsoft Word adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Microsoft Word
2. Tuliskan kata atau kalimat yang akan di WordArt
3. Setelah itu blok kata atau kalimat tersebut
4. Masuk ke menu insert, lalu pilih WordArt
5. Terakhir pilih desain WordArt yang diinginkan

Nah, itulah sejarah Microsoft Word secara singkat dan perkembangannya dari yang awalnya bernama Multi-Tool Word hingga menjadi Microsoft Word. Serta beberapa fitur yang paling disukai pengguna sejak adanya Microsoft Word pertama kali.

Share Button
ayu lusiana
Author: ayu lusiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.