Microsoft Office Word Ini Fitur Andalan di Microsoft Word Untuk Tingkatkan Produktivitas Anda

3 min read

Hai gaes, selamat datang di blog saya kali ini, semoga apa yang saya berikan ulasan tentang sepengetahuan saya semoga kita semua bisa mahir dalam pengoperasian sebuah microsoft word yah.. mungkin kalian semua sudah banyak yang mengetahui beberapa fitur-fitur yang ada di microsoft ini, tapi mungkin masih banyak yang belum bisa memahami fitur andalan yang sering digunakan di microsoft ini, nah di sini saya akan memberikan sedikit tentaang sepngetahuan saya cara menggunakan fitur andalan in, keyboard itu sangat membantu kita untuk mempercepat kinerja kita, banyak sekali kegunaan keyboard untuk mempercepat kinerja kita, langsung aja ke pembahasannya.

Untuk membantu meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja, Microsoft Word menawarkan beragam fitur andalan yang bisa dimanfaatkan. Ingin tahu lebih detail-nya, berikut ulasannya :

1.Mengubah ke Bentuk Plain Text

Pada beberapa kasus, ada kemungkinan Anda harus memindahkan satu paragraf atau kalimat dari file lain ke file yang Ada kerjakan, misalnya ingin mengutip bahan pustaka lain yang berbentuk dokumen, sehingga Anda akan mengalami kondisi dimana font paragraph atau frasa yang Anda pindahkan masih memakai font sebelumnya.

Jika font yang Anda gunakan berupa plaintext dari Microsoft Word, misalnya seperti Calibri 11 atau Times New Roman 12, maka Anda hanya perlu memblok teks yang baru kemudian tekan secara bersamaan tombol SPACE BAR + CTRL. Dengan otomatis, teks tadi yang diblok akan langsung berubah sesuai plain text atau font standar yang Anda gunakan.

2.Cara Menambahkan Placeholder Text

Jika Anda harus menghasilkan paragraf tanpa makna atau dummy random dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan Lorem Ipsum Generator sebagai salah satu fitur tersembunyi dari Ms.Word. Di mana pun Anda ingin membuat sebuah paragraf, bisa ketikkan =rand(p,b). Maksud dari simbol p di sini ialah mewakili berapa jumlah paragraf dari tulisan yang akan dibuat, sementara b mewakili jumlah baris di setiap paragraf

Misalnya, Anda mengetikkan =rand(4,6) maka akan menampilkan 4 paragraf dummy, dan untuk tiap paragrafnya terdapat 6 baris. Paragraph palsu berbahasa pseudo-latin biasanya digunakan dalam proyek desain web, untuk mengecek layout paragraph pada web yang Anda rancang.

3.Memasukkan Sebuah karakter Khusus

Anda bisa memasukkan sebuah symbol khusus menggunakan tombol ALT, kemudian ketikkan kode symbol memakai tombol numerik pada bagian kanan. Sekilas memang tampak ribet, namun jika Anda sering menerapkannya, Anda secara otomatis akan mengingat simbol-simbol tersebut.

4.Pindahkan Teks Tanpa Melakukan ‘Cut Paste’

Cara termudah untuk memindahkan teks ialah dengan cara membloks teks tertentu, lalu tekan fungsi cut dari kombinasi tombol CTRL dan X. Selanjutnya paste dengan menekan tombol CTRL+V secara bersamaan.

Cara tersebut dapat memindahkan teks tertentu ke tempat lain sesuai keinginan. Namun ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan. Anda harus melakukan blok teks tertentu yang akan dipindahkan, lalu letakan kursor ke mana saja sesuai tempat yang Anda inginkan, kemudian tekan ENTER. Maka teks akan berpindah langsung ke tempat yang baru.

Tapi itu semua tergantung dari kebiasaan, jadi Anda bisa memilih metode mana yang paling mudah dan cepat.

5.Masukkan Karakter Unicode

Jika mengetahui kode Unicode, maka Anda bisa menambahkannya ke file Anda dengan cara mengetikkan kode lalu ikuti dengan menekan tombol Alt+x secara bersamaan.

6.Word Hidden Kalkulator

Salinan Ms. Word mempunyai kalkulator tersembunyi untuk menangani operasi aritmatika. Anda bisa mengetikkan ekspresi matematika di dokumen Anda, lalu sorot selanjutnya tekan tombol kalkulator dan hasil perhitungan pun akan langsung ditampilkan dalam status bar.

Anda bisa pilih Word Option kemudian Quick Access Toolbar, dan alihkan ke dalam All Command lalu tambahkan Command Hitung untuk melakukan Quick Access Toolbar.

7.Perpanjang Clipboard

Program Ms Word memang mempunyai fitur Spike untuk memotong teks dari beberapa tempat dalam dokumen, kemudian pasti semuanya ke lokasi berbeda sekaligus. Untuk memakai Spike ini, Anda bisa memilih beberapa teks gambar maupun yang lainnya di dokumen lalu tekan bersamaan tombol CTRL + F3.

Anda bisa menyorot sekaligus menambahkan entri ke Spike dengan memanfaatkan shortcut CTRL dan F3. Lalu tekan tombol Shift+Ctrl+F3 agar isi dari fitur Spike ini dapat disisipkan di mana saja di dokumen Anda.

Itulah beberapa trik menjadi master di Microsoft Word yang bisa Anda coba, sehingga aktivitas pengetikan Anda lebih mudah dan cepat!

Share Button
ayu lusiana
Author: ayu lusiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.