Fungsi dan jenis chart di Microsoft office

2 min read

Ketika anda ingin menampilkan data dengan bentuk grafik atau chart, anda bisa memanfaatkan Microsoft office chart di komputer anda bisa melalui Microsoft excel, word atau bahkan power point. Chart memiliki fungsi untuk menambahkan atau menampilkan bentuk yang akan digunakan untuk pembuatan grafik di dokumen sesuai dengan kebutuhan, ada banyak macam chart yang bisa digunakan untuk mulai dari column, Bar, pie, area buble dan sebagainya. Grafik adalah bentuk diagram yang digunakan untuk mempresentasikan atau menampilkan data. Grafik di dalam Microsoft office adalah chart. Chart yang ada di Microsoft office bisa diubah sesuai kebutuhan anda dan juga bisa menyesuaikan warna, bentuk, atau lainnya.

Jenis-jenis Grafik di Microsoft Office

Ada beberapa jenis grafik yang bisa digunakan untuk menampilkan dokumen menjadi tampilan grafik:

1. Grafik garis

Grafik  biasanya untuk menampilkan data yang apakah cenderung mengalami peningkatan atau bahkan penurunan dalam beberapa waktu.

2. Grafik kolom

Grafik ini biasanya berbentuk seperti batang dengan bentuk vertical yang akan menampilkan data. Ini bisa digunakan untuk data apa saja tetapi lebih umum digunakan untuk perbandingan data informasi yang ada di dokumen.

3. Diagram pie

Microsoft office chart juga menyediakan diagram pie di menu chart yang berbentuk seperti potongan lingkaran. Grafik ini berfungsi untuk membuat proporsi perbandingan dan akan menampilkan data dalam bentuk nilai. Ini akan memudahkan pembaca memahami nilai yang ditampilkan.

4. Grafik batang

Grafik ini yang paling terkenal dalam menampilkan data yang berbentuk seperti grafik kolom dan batangnya horizontal.

5. Grafik Area

Jenis grafik yang ada pada Microsoft office chart ini akan berbentuk garis-garis dan kemudian ada satu daerah di area garis tersebut.

6. Grafik Permukaan

Grafik permukaan ini juga berbeda dari grafik lainnya karena tampilannya dengan 3D, grafik ini biasanya digunakan untuk jumlah data yang banyak.

7. Grafik XY Scatter (penyebaran)

Grafik lainnya adalah XY scatter atau penyebaran yang berfungsi untuk menunjukkan suatu hubungan dari nilai pada rangkaian-rangkain data.

8. Radar chart

Grafik ini juga berfungsi untuk membandingkan nilai data secara menyeluruh dari semua rangkaian data.

Apa saja bagian-bagian yang ada di dalam grafik?

Grafik memiliki beberapa bagian yang harus dipahami ketika membaca data dalam bentuk grafik. Grafik atau chart pada Microsoft office memiliki bagian-bagian yang membantu menginterpretasikan data yang ada di dokumen:

  1. Vertical axis     : Ini juga biasa disebut dengan sumbu vertikal atau sumbu Y yang mengukur nilai yang ada di kolom

  2. Chart title    : Judul grafik ini untuk memberitahu pembaca tabel tentang data apa yang sedang ditampilkan

  3. Horizontal axis    : bagian ini disebut sumbu X dan bentuknya horizontal

  4. Data series    : bagian ini juga menunjukkan titik-titik dari data dalam grafik tersebut

  5. Legend     : untuk mengindentifikasi data series dengan warna atau bentuk yang berbeda

Untuk menambahkan chart di Microsoft office chart sebenarnya hampir sama, anda hanya perlu membuka spreadsheet dan memasukkan serta mengedit data. Berdasarkan data tersebut ditampilkan di dalam grafik. Microsoft word, powerpoint dan excel sebenarnya hampir sama caranya untuk menampilkan data menggunakan grafik. Microsoft excel biasanya akan langsung mengambil data dan menyesuaikan data dengan diagram atau grafik yang berbeda. Microsoft word and powerpoint sebelum mengubah data ke dalam grafik, kedua Microsoft ini akan menautkan ke Microsoft excel dulu kemudian menampilkan data dalam bentuk grafik.

Share Button
Admin
Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.