Cara Tarik Tunai Uang di Agen Brilink

3 min read

Mau ambil uang di tabungan tapi bingung? Ke kantor bank harus ngantri, mesin ATM gangguan atau uangnya sedang kosong? Ngga usah bingung, karna pada zaman saat ini kita bisa melakukan transaksi tarik uang dengan mudah di Agen BRILink hanya dengan membawa kartu ATM.

lalu apakah Agen BRILink itu? Agen BRILink merupaka nasabah bank BRI yang bekerja sama dengan Program BRILink, layanan keuangan tanpa kantor yang diluncurkan oleh bank BRI. Agen BRILink juga melayani berbagai jenis layanan perbankan salah satu contohnya yaitu setor tunai ke rekening BRI dan bank lain, tarik tunai dari rekening BRI dan bank lain, juga melakukan pembayaran PLN, telkom, angsuran kendaraan, DPLK, asuransi, bayar kartu kredit dan masih banyak lagi transaksi-transaksi yang bisa kita lakukan di agen BRILink.

Lalu Bagaimana cara tarik tunai uang di AGEN BRILink?

Perlu kita ketahui bahwa proses tarik tunai uang di angen BRIlink berbeda dengan di bank. Jika di bank kita diwajibkan membawa buku tabungan, namun di agen BRILink ini cara tarik tunai uangnya adalah dengan menggunakan kartu ATM. dan ATM yang bisa digunakan bukan ATM BRI saja, akan tetapi ATM bank lain yang berlogo link, prima dan ATM bersama. dari sini bisa kita pahami hal itu sangat mirip dengan tarik tunai di Mesin ATM, hanya saja uangnya datang dari Agen BRILink, bukan dari Mesin ATM.

Agen BRILink ini melakukan transaksinya memakai mesin berukuran kecil bernama EDC. EDC mempunyai fitur yang hampir sama dengan mesin ATM, karena hal itulah maka EDC ini sering disebut juga mini ATM.

Jika nasabah mau menarik uang cash, maka nasabah tersebut harus mentransfer uang dari rekening nya ke rekening agen BRILink, kemudian agen BRILink akan memberikan uang tunai kepada nasabah tersebut.

Nah, apabila kita akan tarik uang di agen BRILink, maka kita harus membawa kartu ATM. Agen BRILink lah yang akan menggesek kartu ATM tersebut di mesin EDC untuk melakukan transaksi trasfer uang. Berikut prosesnya:

Khusus pengguna ATM BRI ada 3 menu yang bisa dipakai Agen BRILink untuk tarik tunai yaitu :

  1. Setor Simpanan
    • Pilih menu Tunai Setoran Simpanan Enter Gesek Kartu ATM Nasabah Masukan nomor rekening Agen Enter Masukan nominal yang akan di tarik Enter masukin PIN ATM Nasabah Tekan Enter Konfirmasi Kemudian Enter lagi Transaksi berhasil struk tercetak.
  2. Tarik Tunai
    • Pilih menu Tunai Tarik Tunai Gesek Kartu ATM Masukan jumlah uang yang akan ditarik Enter Konformasi masukan PIN ATM oleh Nasabah Silahkan tunggu Struk keluar transaksi berhasil dilakukan.
  3. Transfer BRI
    • Pilih menu Mini ATM Transfer Sesama BRI Gesek kartu ATM Nasabah Masukan nomor rekening BRI Agen Setelah enter masukan nominal Masukan PIN ATM Nasabah Konfirmasi Transaksi berhasil cetak struk.

Bagai mana jika kita menggunakan ATM selain BRI?

sebenarnya tidak ada menu khusus yang kita gunakan yaitu dengan menu transfer Bank lain yang ada di EDC tersebut, berikut adalah caranya :

Pilih menu Mini ATM ⇒ Transfer ⇒ Transfer antar Bank ⇒ Gesek kartu ATM Nasabah karena yang akan ditarik adalah ATM Nasabah ⇒ Pilih tabungan ⇒ lalu tekan kode Bank + rekening Agen ⇒ Masukan jumlah yang akan di tarik ⇒ PIN ATM Nasabah ⇒ Konfirmasi ⇒ Tunggu struk keluar transaksi tarik tunai ATM Bank lain berhasil dilaksanakan.

Untuk menjaga keamanan rekening kita

ketika mengetik nomor PIN tutuplah dengan tangan.

Transaksi berhasil maka agen BRILink akan memberikan jumlah uang yang ditarik dikurangi biaya transaksi kepada agen BRILink . Biaya transaksi akan berbeda di setiap agen BRILink. dikarenakan masing – masing agen brilink mempunyai ketentuan yang berbeda tergantung agen brilink tersebut.

Share Button
Admin
Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.