Cara Cepat Mengetik di Microsoft Word

3 min read

Ada yang pernah melihat lomba mengetik ? ya lomba mengetik sepertinya menarik untuk di perhatikan. karena kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita mengetik saat ini.

Seperti lomba yang pernah ada di luar sana, dimana pemenang lomba tersebut mampu mengetik dengan kecepatan sekitar 126 kata per menit. Wah cepat sekali, saya tidak bisa membayangkan bagaimana jarinya, memang terlihat seperti kaki kepiting yang sedang berlari.

kali ini saya akan membahas tentang sepengetahuan saya trik cara cepat mengetik di microsoft word…

Cara cepat mengetik di Microsoft Word sangat dibutuhkan bagi Anda yang bekerja di bidang kepenulisan, karena harus menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan. Tidak semua pengguna Ms Word mengetahui trik ini.

Mungkin bagi yang telah berpengalaman dalam bidang pengetikan, sudah mengetahui cara mengetik cepat di software ini. Keterampilan mengetik dengan waktu cepat diperlukan bagi yang berprofesi di bidang pengetikan dan penulisan.

Cara Cepat Mengetik di Microsoft Word Dengan Auto Correct

Pada Ms Word ada fitur tools autocorrect, yang berfungsi memperbaiki kesalahan dalam ejaan menulis secara otomatis saat mengetik. Misalnya saat Anda mengetik kata DAN, biasanya kata ini langsung berubah menjadi AND.

Supaya perubahan kata di atas tidak berulang, sebaiknya Anda memakai tools auto correct.  Fitur ini selain dimanfaatkan untuk memperbaiki ejaan yang salah juga bisa dipakai untuk mempercepat pengetikan kata atau kalimat yang muncul dalam tulisan Anda.

Misalnya dalam teks yang Anda tulis sering mengetikkan kata Indonesia, maka Anda dapat mengaktifkan autocorrect untuk penggalan huruf ‘In’ menjadi Indonesia. Dengan kata lain, saat Anda baru saja mengetikan ‘In’, maka langsung muncul kata Indonesia.

Bagaimana Mengaktifkan Auto Correct Dalam Ms. Word

Untuk mengaktifkan Auto Correct ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, berikut ini :

  • Pilih menu Button Home

  • Pilih menu Word Option

  • Prooping

  • Pilih menu Autocorrect, selanjutnya Anda bisa memilih Auto Correct Option.

  • Lalu ketikkan penggalan kata dalam Replace, misalnya kata ‘In’, lalu ketikan Indonesia pada With. Kemudian nantinya jika pengguna mengetikkan kata ‘In’, maka dengan otomatis muncul teks Indonesia.
  • Klik Add, dengan tujuan untuk menambah kata autocorrect yang lainnya.
  • Kemudian klik ok.

Selanjutnya Anda bisa mengecek di jendela kerja Ms. Word dengan cara mengetikkan kata ‘In’ lalu spasi, secara otomatis pun akan langsung muncul kata ‘Indonesia’.

Fitur ini akan sangat membantu saat Anda sering menulis kata yang serupa berulang kali. Dengan kata lain, saat Anda mengetik kata yang serupa bisa membuatkan autocorrect-nya lebih dulu.

Asah Kemampuan Mengetik Dengan 10 Jari

Di samping tips di atas, Anda juga harus mengasah kemampuan mengetik. Semakin tinggi kemampuan mengetik Anda dengan indikator benar-benar hafal letak setiap tombol pada keyboard, maka akan lebih cepat pula saat mengetik.

Istilah kemampuan mengetik dengan cepat ini biasanya disebut sebagai kemampuan mengetik dengan 10 jari, yaitu dapat mengetik menggunakan 10 jari tangan. Hal ini bisa terwujud, jika Anda sering mengetik. Dengan semakin sering melakukan pekerjaan ini, Anda akan lebih terampil memakai 10 jari bahkan bisa menekan touch tanpa harus melihat abjad di keyboard.

Menguasai Word Processor

Sekalipun bisa mengetik dengan 10 jari, namun jika tidak menguasai aplikasi yang dipakai secara profesional, tetap saja dapat menghambat pekerjaan. Maka dari itu, sebaiknya kuasai aplikasi Word Processor agar pengetikan Anda lebih mudah jika memakai OS Windows.

Perlu diingat, ketika melakukan pengetikan, bukan saja mengerjakan penyusunan huruf menjadi sebuah kata, kalimat ataupun sebuah paragraf. Namun terkadang Anda juga perlu menyertakan ilustrasi yang memperkuat fakta atau data berdasarkan teks yang diketik.

Adapun ilustrasi tersebut dapat berupa foto, grafik, atau gambar. Bisa juga berbentuk vektor lainnya seperti flowchart, diagram, dan table. Selain itu, untuk menyisipkan beberapa ilustrasi tersebut, Anda tentu harus memahami icon bar atau tools dalam aplikasi Word Processor.

Jika masih belum menguasai software Microsoft Word, Anda harus mempelajarinya dengan memakai modul komputer Ms.Word.

Share Button
ayu lusiana
Author: ayu lusiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2019 © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.